KISS_03 Kajian Islam Sabtu Siang

“Bahagianya bisa mengamalkan sunnah”

Pemateri : Ayah Nurdin, M.Pd.

بسم الله الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT. Dengan nikmat, rahmat dan hidayah_Nya kita masih diberi kesempatan untuk senantiasa menikmati segala kebesaran_Nya, semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang-orang yang bersyukur... Tak lupa pula sholawat serta salam kita sanjungkan kepada baginda Rasulullah SAW beserta keluarga dan para shabatnya hingga akhiruzzaman, aamiin.

Sahabat penggemar KISS yang insyaa Allah dirahmati Allah…

 

Bahagianya bisa mengamalkan sunnah…

Masyaa Allaah.. sungguh luar biasa..

Tentu kita semua sudah tahu bahwa sunnah adalah sesuatu yang tidak wajib dikerjakan, Namuuun...Apa shi sunnah itu ??...

 

Nah, Sunnah adalah sikap, tindakan, aktivitas, ucapan, dan cara bahkan diamnya Rasulullah. As-Sunnah menurut istilah syari’at ialah segala sesuatu yang bersumber dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam bentuk qaul (ucapan), fi’il (perbuatan), taqrir (penetapan), sifat tubuh serta akhlak yang dimaksudkan dengannya sebagai tasyri’ (pensyari’atan) bagi ummat Islam. (Muh. Jamaluddin al-Qasimi, tt. hal. 62).

 

Sunnah merupakan sumber yang digunakan sebagai dasar hukum setelah Al-Qur’an. Sunnah ini berfungsi untuk memperinci yang ada di dalam Al-Qur’an. Sunnah digunakan sebagai penjelas, sehingga tidak akan keluar dari kaidah umum yang sudah ada di dalam Al-Qur’an.

 

Adapun beberapa perkara sunnah Rasulullah SAW yaitu :

1. Memelihara wudhu : wudhu memiliki manfaat sebagai pelindung atau prisai bagi kita…

2. Bersiwak : membersihkan gigi dengan menggunakan kayu siwak (sikat gigi) setiap kali hendak sholat…

3. Sholat sunnah seperti sholat tahajjud, sholat dhuha, sholat qabliyyah, sholat ba'diyyah , dan sholat sunnah lainnya..

4. Sunnah pernikahan : Ibadah dan amalan-amalan dalam pernikahan dan sunnah sunnah lainnya..

 

Tak ada pedoman yang lebih baik daripada pedoman baginda Rasulullah. Semua telah di tunjukkah baik yang berkaitan dengan ibadah, fiqih, muamalah, aqidah maupun akhlak...

 

Ada 3 macam akhlak Rasulullah SAW yang patut dicontohi adalah :

1. Akhlaqul Hasanah adalah membalas kebaikan orang lain dengan cara yang sama atau kebaikan yang sama.

2. Akhlaqul Karimah adalah membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan yang lebih baik atau lebih banyak, atau ketika mendapatkan keburukan orang lain ia senantiasa selalu memaafkan orang tersebut.

3. akhlak adzimah (agung). Kalau pada akhlak karimah, ketika mendapat keburukan dari orang lain, cuma sampai tingkat memaafkan orang tersebut. Tapi, akhlak adzimah meningkat lebih tinggi, yaitu dengan berbuat baik kepada orang jahat tadi, sebagaimana diterangkan pada ayat 40 surah asy-Syuura.

 

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya.

(HR. Muslim no. 783)

 

 “Barang siapa yang mencontohkan jalan yang baik di dalam Islam, maka ia akan mendapat pahala dan pahala orang yang mengamalkannya setelahnya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barang siapa yang mencontohkan jalan yang jelek, maka ia akan mendapat dosa dan dosa orang yang mengerjakannya sesudahnya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim: 2398).

 

#Rangkuman Materi KiSs Sabtu lalu, 12/10/2019


#Created by ;  Riskawati




Tidak ada komentar