YUDISIUM II STKIP 2020

YUDISIUM II 2020
MAHASISWA SARJANA (S1) PGSD & MATEMATIKA STKIP MUHAMMADIYAH KALABAHI

BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIM...

Alhamdulillaahirabbil’alamiin…
















Bersyukur pada Allah SWT. yang tiada terkira, karena atas Kuasa dan Qudrah_Nya proses Yudisium II Mahasiswa Sarjana Strata Satu (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kalabahi Alor NTT berjalan lancar sesuai Kalender Akademik STKIP Muhammadiyah Kalabahi Tahun Akademik 2020/2021, yakni tepat pada hari Senin, 2 November 2020 M. Proses Yudisium II dinyatakan lancar dan sukses yang diselenggarakan oleh kedua Prodi di Kampus ini, karena dari segi waktu dinilai ontime dan seluruh peserta serta tamu undangan yang hadir tertib mematuhi protokoler kesehatan (Covi19), tertib menggunakan Masker dan patuh terhadap aturan yang ditetapkan oleh panitia.

Proses Yudisium II Tahun 2020 yang dilaksanakan penuh hikmad di ruang perkuliahan B1 Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi itu, dihadiri oleh Ketua Senat yang juga adalah Kepala BAUK STKIP Muhammadiyah Kalabahi (Marzuki Galeko, S.E., M.Pd.), Kepala BAAK (Yakin A. Asikin, S.Pd.I., M.Pd.), Ketua dan Sekretaris Prodi PGSD serta Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika (berada dalam ruangan Yudisium), Ketua Satuan Pengawas Internal (Haji Ishak Djawa, S.Sos,. S.H.), Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (Muthia Prasong, S.Hum., M.Pd.), Kepala LP3M (Muhammad Abdullah, S.Sos., M.Pd.), Kepala Lembaga Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyahan (LP-AIK) STKIP Muhammadiyah Kalabahi (Abdullah Rahman Shaleh, S.S., M.Pd.) dan Bapak/Ibu Dosen Tetap serta Dosen Luar Biasa (DLB) dan juga Kepala bagian Kepegawaian dan para Staff serta Kasubag Operator dan Informasi Tehknologi STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Mengawali Yudisium II, sebagai prakata Kepala BAAK (Yakin A. Asikin, S.Pd.I., M.Pd.) dalam sambutannya yang berdurasi ±20 menit menyampaikan bahwa, “Kalian yang hari ini mengikuti Yudisium dan juga akan diwisudahi tanggal 28 November 2020 yang akan datang adalah yang akan menjadi cahaya dan terus memancarkan sinar terang ke seluruh penjuru alam Alor yang indah ini dan membawa misi dakwah Muhammadiyah.  Kalau dikasi amanah menjadi guru, jadilah guru yang baik dan disegani serta dicintai oleh para guru dan murid-murid di sekolah. Itu terjadi apabila kalian semua membawa hasil dari sini dengan pola pikir, sikap dan adab yang positif. Perlu dicatat bawha tidak semua pemimpin itu pendidik, dan semisalkan nanti tidak menjadi guru di masyarakat maka jadilah guru bagi diri sendiri.  Termasuk menjadi guru yang bisa memberikan contoh yang baik. Itulah amanah yang perlu kalian ingat karena setiap amanah akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT di akhirat kelak.”

Pada kesempatan yang sama, selaku ketua Senat merangkap Kepala BAUK dalam menyampaikan Sambutan menggantikan Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi, (Marzuki Galeko, S.E., M.Pd.), mengajak seluruh mahasiswa yang mengikuti Yudisium II agar merenungi kembali perjuangan para orang tua selama proses perkuliahan berlangsung dan sampai pada pengukuhan hari ini.
"Mereka pastinya bangga dan bahagia sekali. Jika saat ini orang tua kalian masih hidup, maka berbaktilah kepada mereka, karena tanpa mereka kalian tidak dapat berbuat apa-apa. Dan jika mereka telah tiada, maka tunduk dan renungkan serta bayangilah wajah mereka, kirimkan do’a terbaik untuk mereka di alam sana. Agar mereka damai dan dimuliakan Allah (Tuhan Yang Maha Kuasa) di alam sana. Sebentar lagi kalian akan dikukuhkan dan akan mendapat gelar dibelakang nama kalian secara yuridis, itu adalah berkat perjuangan dan kasih sayang mereka. Untuk itu maknai dan pergunakan ilmu kalian sebaik mungkin di masyarakat. Tetaplah dan terus menjaga marwah lembaga ini, jadilah lulusan yang mampu memberi teladan sebagai seorang guru di tengah-tengah masyarakat dimanapun kalian berada. Kami di lembaga STKIP Muhammadiyah Kalabahi inipun akan bangga melihat kalian berkiprah di masyarakat dimana kalian mendiami."

Pada sesi selanjutnya, Ketua Program Studi PGSD (Rahmad Nasir, M.Pd.) membacakan Surat Keputusan Peserta Yudisium II, nomor : 297/KEP/II.3/AU/F/2020 dihadapan peserta Yudisium II yang diikuti sebanyak enam puluh tujuh (67) mahasiswa dengan rincian dari Program Studi PGSD sebanyak 56 orang dan dari Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 11 orang. Lima (5) dari seluruh Mahasiswa Yudisium II meraih predikat Cumlaude, sebagian besar meraih predikat “Amat Baik” dan sisanya meraih predikat “Baik”.

Airmata Bahagia peserta Yudisium II tak tertahankan ketika dibacakan Lampiran SK Yudisium dan nama-nama mereka satu persatu disebut oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika (Istiqamah, M.Pd.) disertai sandang gelar Sarajana Pendidikan (S.Pd.) dengan peraihan predikat masing-masing.

Prosesi Yudisium II pun diakhiri dan ditutup oleh MC Srikandi Umar (salahsatu peserta Yudisium II) dengan mengajak seluruh peserta dan hadirin melafadzkan kalimat hamdalah dan bersalaman serta foto bersama.(read_//)

#TIM LP-AIK STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Tidak ada komentar