KAJIAN BULANAN LP-AIK STKIP MUHI




Antara Muhammadiyah dan Pendidikan

Dunia pendidikan, adalah salah satu hal yang paling menjadi perhatian utama bagi Muhammadiyah. Mengapa demikian? Merujuk pada salah satu alasan mengapa KH. Ahmad Dahlan fokus dalam dunia pendidikan selain daripada ia seorang pendakwah, dalam menyebarkan ajaran Islam rahmat bagi semesta alam.
Adalah, karena pada saat itu beliau memiliki pemikiran revolusioner bahwa, pendidikan adalah salah satu kunci untuk melepaskan belenggu masyarakat Indonesia dari keadaan keterpurukan. Dimana pada saat itu juga bangsa Indonesia sedang dijajah dan masyarakat berada dalam krisis pendidikan. Beliau meyakini dengan memadukan ajaran Islam dan pendidikan modern, adalah jalan bagi kemajuan masyarakat dan bangsa.

Alhasil, melalui pergerakan pembaharuan pendidikan oleh Kiai Dahlan tersebut akhirnya membuahkan hasil mendorong pergerakan masyarakat. Hingga pada puncaknya kemerdekaan bangsa Indonesia. Apakah sampai di situ saja? Tentu belum, karena hingga saat ini bangsa dan masyarakat Indonesia masih membutuhkan pendidikan yang baik dan revolusioner. Untuk mencetak kader-kader pemimpin bangsa yang diharapkan mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju.

Tim Kreator LP-AIK STKIP Muhi

Next....

Tidak ada komentar