Safari Jum'at LPP-AIK STKIP Muhi

Safari Jum'at LPP-AIK STKIP Muhammadiyah Kalabahi "Menebar Dakwah Merawat Ukhuwwah"


Safari Jumat LP AIK
Program Safari Jum'at dari Masjid ke Masjid di seluruh pelosok desa Kabupaten Alor telah menjadi program Unggulan Lembaga Pengakajian dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPP-AIK) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kalabahi sejak kepengurusan pejabat sebelumnya hingga saat ini dan insyaa Allah akan terus berkelanjutan, sebab ini menjadi ruh bagi para pegiat dan para pengabdi di Amal Usaha Muhammadiyah ini.

Disamping menjadi Program Unggulan LPP-AIK, program Safari Jum'at LPP-AIK ini juga menjadi salah satu program jitu bagi STKIP Muhammadiyah Kalabahi untuk mensosialisasikan program-program lainnya, diantaranya; perekrutan Calon Mahasiswa Baru di desa-desa yang masih jauh dari akses informasi digital, program menysiarkan dakwah rahmatan lil'alamin kepada masyarakat pesisir di pelosok desa dan juga program-program lainnya yang bersentuhan dengan Islam.

Al-hasil, dari program tersebut cukup memancing animo masyarakat (khususnya masyarakat Muslim) banyak mendaftarkan putra-putri mereka yang lulusan SMA/SMK dan Madrasah Aliyah di Kampus STKIP ini dari tahun ke tahun hingga detik ini. ini adalah satu langkah maju yang dilakukan lembaga ini dengan menekan biaya yang tidak terlalu besar, sebab polanya sederhana tapi mengena pada sasaran. 

Perlu diketahui bahwa struktur LPP-AIK STKIP Muhammadiyah Kalabahi adalah hanya seorang ketua dan seorang sekretaris tanpa memiliki staf dan pegawai. Sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan keterlibatan dan keaktifan semua stakeholder, mulai dari pimpinan Kampus, Kepala-kepala Lembaga BAAK, BAUK, Bagian, Unit dan semua unsur baik Dosen Tetap/Dosen Luar Biasa dan juga staf serta pegawai yang aktif di Lembaga ini, sekaligus dikemas sebagai program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bagi Dosen.

Dalam Penyampaiannya pada saat usai shalat Jum'at di dalam ruangan Masjid, Ustadz Raspa Laa, S.Pd.I., M.Pd. (selaku Ketua LPP-AIK STKIP Muhammadiyah Kalabahi) menghimbau kepada jama'ah sekalian "Kami dari Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi hadir disini tidak punya embel-embel politik atau intrik-intrik lain, kecuali kami ingin mengajak bapak-bapak dan Jama'ah sekalian, apabila hendak mendaftarkan putra-putrinya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Sarajana/S1), maka kami di STKIP dengan sangat terbuka meneirmanya." 

Lanjut Ustadz Raspa, pada angkatan-angkatan sebelumnya, sudah ada beberapa mahasiswa yang berasal dari kampung ini dan beberapa kampung disekitarnya. Sebagian dari mereka ada yang sudah lulus menjadi Sarjana (S1) bahkan sudah kembali mengabdikan diri menjadi guru, mendidik putra-putri di lingkungan ini seperti di SD/MI dan SMP yang berada di wilayah ini.

Ini adalah sebuah prestasi dan kemajuan, karena kita tidak perlu lagi mengirimkan putra-putri kita melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi di daerah yang jauh dengan kita seperti di Kupang, di Makassar, dan juga di Pulau Jawa. Karena akan lebih hemat biaya, baik biaya kuliah, biaya hidup dan biaya kost termasuk biaya pergi pulang naik pesawat atau kapal laut dan biaya-biaya lainnya yang kadang tak terduga."

Untuk itu Kami dari STKIP Muhammadiyah Kalabahi sangat terbuka menerima putra-putri dari kampung ini untuk mendaftarkan diri di Kampus kita tercinta ini. Oleh karena itu, sekali lagi saya dan rombongan safari Jum'at LPP-AIK dari STKIP ini berharap, bagi yang tidak mendapatkan kesempatan atau peluang untuk studi atau kuliah di luar Alor atau merantau ke pulau Jawa, maka datanglah ke STKIP Muhammadiyah Kalabahi (tutup Ustadz Raspa_red...)

Posted by ; Tim Safari Jum'at...










Tidak ada komentar